Kuliah itu Mudah


Kuliah (Teknik di Telyu) itu mudah… buktinya? lebih banyak alumni yang sukses daripada temen-temen yang DO, atau telat lulus, atau yang lain. Di post ini saya mau share sedikit pengalaman kuliah saya dlu selama 5,5 tahun (11 semester) hingga s2.

Ya memang kuliah itu mudah. Saya pun merasa mudah. Yah dengan kemampuan saya yang bisa dibilang standar. Saya masih bisa mengikuti kuliah dengan baik tanpa tertekan, bahagia, tepat waktu. Rahasianya? gak ada rahasia atau usaha tertentu.

Saya mungkin bukan orang ter”cemerlang” dlu saat kuliah atau sekarang saat bekerja, mungkin nanti di masa depan. Ya cuma mau sharing aja bagaimana dlu saya bisa menyelesaikan kuliah dengan lancar tanpa hambatan.

  • KOMITMEN KULIAH

Ini sih yang utama. Saya jauh-jauh ke bandung, hidup sendiri, nge-kost, dibayarin mahal-mahal tujuannya ya memang kuliah (walaupun sebenernya agak tidak sesuai dengan cita-cita awal). Tapi ya tujuan utamanya adalah KULIAH, terus LULUS,  terus bisa MANDIRI alias gak nyusahin orangtua lagi. Cita-cita yang standar menurut saya, gak muluk-muluk. Ya jadi saya selalu mendahulukan kuliah. Komitmen untuk kuliah. Kuliah mahal bro, jadi ya jangan disia-siakan.

Mendahulukan dan berkomitmen Kuliah bukan berarti jadi mahasiswa yang gila nilai, selalu masuk kelas, dateng awal, selalu dapet A, gak ikut organisasi atau kegiatan lain, atau jadi mahasiswa kuper. BUKAN ITU. Mendahulukan kuliah berarti memastikan bahwa kuliah itu BERES. Tugas kuliah dikerjain semua, absen aman (>75%), UTS UAS bisa ngerjain (paling ga 50), dikelas ga ada masalah sama dosennya, NGGAK NYONTEK (penting ini). Gak harus nilai A, atau AB. Nilai menurut saya cuma hadiah dari komitmen dan usaha saya.

Contoh saya dapet A di Rangkaian Listrik ya karena usaha saya di matkul itu bener, dan kebetulan memang saya menguasai materi ini dari SMP. Absen? gak 100% (kira2 79% waktu itu), tugas? ke handle semua, UTS? kebetulan dapet 100, UAS? 50 bro. Tapi kebetulan indexnya A, ya syukur deh.

Contoh lain saya Elektronika dapet C. Iya C. Udah dosennya ga enak (alasan klasik), temen-temen kelasnya gak seru (kebetulan ngambil kelas sebelah), absen mepet (75, sekian %). Bisa C mungkin terbantu karena saya tugas gak pernah bolong, kuis dateng semua, UTS UAS lumayan lah dapet 50-50. ya hadiahnya cuma di C.

Yang penting kuliah dan fokus. Serap materi sebanyaknya di kelas. jadi gausah ngulang-ngulang materi lagi. Kalo di kelas ga ngerti materinya, belajar sendiri di luar kelas, atau belajar bareng di kosan temen, atau di lab, atau belajar berdua sama pacar, atau sama temen, atau belajar sambil modusin temen. Bebas!! yang penting intinya belajar dlu. Dan gak harus sampe bisa 100%. Paling ga sampe UTS UAS dapet 50 dah. Percaya kata pepatah “usaha tak akan mengkhianati”

  • MANAJEMEN WAKTU

Salah satu poin yang terpenting dalam kuliah. Kalo punya manajemen waktu yang baik, pasti ga ada keluhan2 kayak “aduh tugas banyak banget” atau “aduh capek nih kerjaan numpuk” atau “aduh deadline semua nih”. Paling penting tapi paling sering dilupakan. Kegiatan saya waktu kuliah? simple kuliah, sama lab (rangkaian listrik). ya cuma 2 itu. Kenapa? menurut saya organisasi kemahasiswaan (himpunan, BEM, dll) terlalu formal dan terlalu struktural, sementara kepanitiaan terlalu tidak struktural dan tidak efisien (sorry, no offense). Udah gitu Lab ada honornya.. lumayan buat nambah-nambah uang hidup.

Gampang dong manajemen waktunya kalo cuma 2? iya gampang, makanya jangan banyak-banyak dong. kebanyakan juga susah sendiri kan haha… saya memutuskan ga ambil kegiatan lain karena KEBETULAN saya sempet jadi koordinator divisi di lab, terus KEBETULAN saya sempet jadi koordinator asisten. KEBETULAN yang lumayan untuk dipamerin dong haha..

Balik lagi ke manajemen waktu. Saya punya slot waktu default tiap harinya. Pagi sampe jam 5 sore itu waktunya PRIORITAS untuk kegiatan kampus yang wajib. Contoh : kuliah, jaga praktikum, ngerjain tugas-tugas (tugas kuliah kek, TP kek, riset kek, belajar buat ujian kek, apapun, tapi bukan tugas akhir). Ya kayak jam kantor. Kenapa? karena ya itu komitmen utama saya.

Jam 5-jam 12 malem? itu waktu tanpa PRIORITAS.  Ya jadi ini waktu bebas aja mau ngapain. Biasanya bisa dipake rapat lab, futsal, jalan-jalan, main game, pacaran (iya lah saya punya pacar), ngopi, nongkrong sama temen-temen, kepanitiaan (saya gak ikut), tugas organisasi (gak ikut lagi), dll. Kalo masih ada tugas kampus lain yang penting, ya bisa dikerjain juga disini. Yang penting semua sesuai porsinya, contoh jangan dari jam 5 – 12 nge-DOTA wae. Yang ada kepala pening, mata capek, emosi kalo kalah terus.

jam 12 sampe pagi? PRIORITAS TIDUR.

Karena slot waktu ini juga, alasan kenapa akhirnya saya milih lab aja. Lab kegiatannya teratur dan tujuannya jelas. Kalo organisasi atau kepanitiaan (sekali lagi ini pandangan saya aja, no offense) terlalu banyak rapat yang sifatnya dadakan, terus seringnya ngaret, terus akhirnya pas rapat cuma ketawa-ketawa doang gak jelas juntrungannya. Terus sampe malem. terus waktu lain keganggu (sekali lagi no offense). Udah pernah nyoba organisasi atau kepanitiaan? udah pernah kok., sekali ahaha…

Kerjain semua sesuai porsi waktunya. Jangan kuliaaaaaah mulu di pikirin (gak baik, ntar stress), atau maiiiiiiiin mulu ga berenti (abis duit anda nanti), atau tiduuuuuur mulu kerjaannya, atau rapaaaaat mulu (padahal bahan rapat udah abis, ngide aja ngadain rapat), atau dotaaaaaaa mulu (ini racun, plis jangan).

Selain itu coba ngerjain semua kewajiban secara teratur, jangan deadliner. Paling ga h-2 beres lah, jangan h-1 banget, atau malah h-5menit. Jangan nunda-nunda kerjaan lah intinya. Masa TP 20 nomor seminggu gak kelar? Masa tugas kuliah presentasi 3 minggu gak kelar?

Terus kenapa PRIORITAS dibold sama caps? ya karena itu poin selanjutnya.

  • TENTUIN PRIORITAS

Yak tentuin prioritas. Jadi kenapa waktu-waktu diatas saya sebut prioritas?  Karena tidak tertutup kemungkinan saya juga ngerjain yang lain. Contohnya gini : Jam 3 sore kuliah saya beres, gak ada kerjaan lain, gak jaga praktikum, tugas beres semua, kewajiban utama beres semua, yasudah dong saya boleh ngelakuin hal lain kayak jalan-jalan, main, tidur (paling sering sih tidur, murah, gak repot lagi), dll.

Contoh lainnya juga gini saat jam bebas (jam 5-12 malem) masih ada kerjaan yang deadline nya lusa, dan malem ini gak ada rencana kemana-mana (gak ada rapat, gak ada yang ngajak main, gak ada janjian sama pacar, tidur cukup), boleh dong saya ngerjain deadlinenya. Atau malem ini gak ada janji dan gak ada tugas, boleh dong saya tidur cepet? yang penting semua kewajiban utama beres dlu.

Yang gak boleh kalo waktunya kuliah, tugas banyak, deadline numpuk, eh malah cabut nongkrong2 gak jelas, nunda-nunda kerjaan, waktunya tidur malah nge-game gak jelas dan gak beres-beres karena kalah terus dan akhirnya ngeganggu prioritas yang lain. Ini yang bikin akhirnya kata-kata keluhan kayak “duh tugas banyak banget”, “duh deadline numpuk”, atau “eh gua nyontek dong” akhirnya menjadi pamungkas.

Saya selalu merasa bersalah sama diri saya sendiri kalo melalaikan kewajiban atau melakukan sesuatu yang gak berguna terlalu lama. Saya biasanya stress sendiri kalo ada deadline yang gak kepegang sampe hari H. Dan saya juga pasti merasa bodoh kalo saya main game kelamaan, sampe ngurangin waktu tidur. Kadang-kadang gak bisa tidur jadinya kalo ada kerjaan yang belom kepegang.

 

Jadi itu kira-kira caranya supaya kuliah lancar. Kalo saya pribadi untuk 1 matkul yang saya kurang suka (contoh rekayasa trafik, jarkomdat, PSD, dll) saya berusaha paling nggak pas ujian lembar jawaban saya gak kosong. Paling nggak saya bisa jawab soal dengan logika bener walaupun itu salah. Pokoknya, usaha saya tetep ada di matkul itu, ga sekonyong-konyong ditinggal. Nilai itu bonus. yang penting ilmunya.

Kalo TA gimana? itu kasus khusus. nanti deh sharing lagi kalo ada waktu kosong ngisi blog. Kalo saya ada part time di luar? ya sesuaikan aja waktunya. Pokoknya semua ada porsinya, dan yang utama harus diutamakan (yaiyalah). Ini sharing aja, jadi sesuai perspektif saya aja. Kuliah itu mudah, tetapi syarat dan ketentuan berlaku. (-VSW-)

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *